inspirasi-cat-kamar-anak

Masa pertumbuhan anak merupakan waktu dimana Anda perlu memberikan perhatian khusus karena sangat mempengaruhi tingkat pertumbuhan motorik dan kecerdasan anak. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaan cat kamar yang perlu disesuaikan dengan gender dan usia buah hati. Inspirasi cat kamar anak dapat membantu menstimulus tumbuh kembang buah hati Anda. Menurut beberapa penelitian pemilihan warna-warna tertentu dapat merangsang perkembangan otak anak karena berkaitan langsung dengan aspek visual.

Apa saja warna yang dapat digunakan untuk membantu pertumbuhan motorik dan kognitif buah hati berdasarkan gender dan usia? Simak beberapa ulasan inspirasi cat kamar anak berikut.

Warna Monokrom (0-3 bulan)

Pada usia 0-3 bulan umumnya kemampuan visual anak masih belum terlalu berkembang sehingga anak baru dapat melihat warna-warna monokrom seperti hitam, putih, maupun abu-abu. Bagi inspirasi cat kamar anak perempuan, Anda dapat menerapkan warna putih dan krem atau putih dan kuning muda. Sedangkan bagi anak laki-laki, warna perpaduan antara abu-abu dan hitam maupun abu-abu dan putih dapat menjadi salah satu alternatif pilihan.

Warna Pastel (3-6 bulan)

Ketika anak memasuki usia 3-6 bulan kemampuan visualnya sudah semakin meningkat untuk dapat membedakan warna-warna primer yang lebih cerah. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan warna-warna pastel seperti kuning, merah muda, dan ungu untuk inspirasi cat kamar anak perempuan dan warna-warna pastel biru, hijau, dan krem untuk inspirasi cat kamar anak laki-laki.

Warna Cerah Kompleks (6-12 bulan)

Pada anak usia 6-12 bulan, umumnya kemampuan visual buah sudah semakin meningkat. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan warna-warna cerah yang cukup bervariasi. Anda dapat menggunakan warna-warna seperti warna dusty pink, cream, dan lilic atau ungu muda untuk inspirasi cat kamar anak perempuan dan warna biru navy, hijau tosca, dan hitam untuk inspirasi cat kamar anak laki-laki.

Kombinasi Warna dengan Tema Tertentu (1-2 tahun)

Umumnya pada usia anak yang menginjak 1-2 buah hati sudah mampu membedakan warna-warna secara kompleks. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda mulai mendesain kamar si buah hati dengan menerapkan tema-tema tertentu. Seperti tema taman bunga yang didominasi warna-warna cerah seperti pink dan kuning yang juga dilengkapi oleh stiker-stiker bunga dan serangga untuk inspirasi cat kamar anak perempuan dan tema padang rumput dengan dominasi warna biru langit, kuning, dan putih inspirasi cat kamar anak laki-laki.

Kombinasi Warna dengan Variasi Bentuk (2-4 tahun)

Inspirasi cat kamar anak bagi buah hati Anda yang memasuki usia pertumbuhan 2-4 tahun dapat diciptakan dengan mengkombinasikan berbagai variasi warna dan bentuk. Misalkan menggunakan dominasi warna krem cerah dengan membubuhi bentuk-bentuk lingkaran maupun kelopak-kelopak bunga beraneka warna untuk inspirasi cat kamar anak perempuan dan warna-warna gelap serta bentuk-bentuk titik-titik kecil maupun bintang-bintang untuk menciptakan ruangan bertema ruang angkasa bagi inspirasi cat kamar anak laki-laki.

Preferensi Anak adalah Hal Utama (5 tahun ke atas)

Ketika anak berusia 5 tahun ke atas maka inspirasi cat kamar anak perlu disesuaikan dengan minat buah hati. Hal tersebut sekaligus untuk dapat melatih kemampuan imajinasi, kepemimpinan, dan tanggung jawab anak. Biasanya inspirasi cat kamar anak perempuan akan lebih cenderung mengarah ke hal-hal feminim sedangkan inspirasi cat kamar anak laki-laki cenderung mengarah ke hal-hal maskulin.

Dapatkan informasi desain interior, furnitur, maupun tips-tips menarik untuk membuat tampilan rumah Anda menjadi semakin elegan dan berkelas dengan mengunjungi laman Super Furniture di sini dan Instagram Super Furniture.

Jangan lupa lengkapi kebutuhan Anda dengan berbagai furnitur menarik dari Super Furniture karena ada banyak promo-promo spesial menanti!

Leave a Reply

Your email address will not be published.