Rumah merupakan tempat paling nyaman untuk beristirahat setelah lelah bekerja, sebagai tempat bercengkerama dan berbagi kebahagiaan dengan seluruh anggota keluarga. Rumah yang terawat dan rumah sehat tentu harus dijaga dan dipelihara untuk meningkatkan kualitas hidup penghuninya. Rumah yang sehat sangat memengaruhi kesehatan tubuh penghuninya.

Rumah sehat

Berikut ini adalah kriteria rumah sehat dan nyaman menurut Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes):

Memiliki Ventilasi atau Sirkulasi Udara yang Baik

Menurut peraturan dari Kemenkes, ventilasi udara rumah alami yang permanen, minimal 10% dari luas lantai, supaya sirkulasi udara dan pencahayaan dapat menyebar ke seluruh area rumah dengan baik. Berikut ini adalah kriteria kualitas udara yang telah ditetapkan oleh Kemenkes:

Pencahayaan Ruangan yang Baik

Sinar matahari yang masuk sebagai pencahayaan alami dapat memberikan manfaat membunuh kuman secara alami, mengurangi penggunaan energi listrik dan dapat meningkatkan mood penghuni rumah tersebut. Pencahayaan alami atau buatan baik secara langsung maupun tidak langsung dapat menerangi ruangan minimal 60 lux dan tidak terlalu menyilaukan.

Kualitas Air dan Pembuangan yang Baik

Rumah sehat tidak luput dari kualitas dan kuantitas air yang dibutuhkan dalam rumah sesuai dengan jumlah orang yang menghuni rumah, hingga kebutuhan pengairan lain setiap harinya. Ada dua syarat penting yang berhubungan dengan air, yaitu setiap rumah memiliki sarana air bersih dengan jumlah kapasitas minimal sebesar 60 liter/hari/orang. Yang kedua adalah kualitas air harus memenuhi syarat yang ditentukan baik untuk beraktivitas sehari-hari seperti mencuci hingga untuk diminum.

Selain itu, pembuangan rumah yang sehat harus baik. Semua limbah cair rumah tangga harus memiliki saluran pembuangan yang tidak berbau dan mencemarkan sumber air ataupun permukaan tanah. Sedangkan untuk saluran pembuangan limbah padat, harus dikelola agar tidak menimbulkan bau dan tidak menyababkan pencemaran terhadap permukaan tanah.

Komponen dan Penataan Ruangan yang Baik

Berikut ini adalah komponen penataan ruang yang wajib diterapkan pada rumah yang sehat.

Luas Hunian Ruang Tidur

Ruangan untuk tidur disarankan punya luas minimal 8m2, ruangan itu juga tidak disarankan digunakan untuk lebih dari dua orang dalam satu kamar, kecuali jika digunakan oleh Balita atau anak di bawah usia lima tahun. Supaya ruang tidur memiliki sirkulasi udara yang baik dan Anda bisa lebih nyaman saat beristirahat.

Menggunakan Furniture yang Ramah Lingkungan

Jika Anda menggunakan furniture yang berkarat, memakai cat yang tidak ramah lingkungan, kayu yang mulai lapuk, sebaiknya furniture tersebut segera diperbaiki dan diganti. Pastikan furniture yang Anda miliki mudah dibersihkan, tahan air, dan tidak lembap. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan meja TV yang mudah dibersihkan produk dari Super Furniture.

Jika Anda ingin mencari furniture lain yang ramah lingkungan untuk rumah sehat, Anda bisa memercayakan pilihan furniture Anda kepada Super Furniture. Produk Super Furniture lainnya melalui Instagram Super Furniture dan melalui website di superfurniture.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.