lemari-partikel-board-berjamur

Terlepas dari tingginya harga lemari kayu saat ini, produsen furniture terus bereksperimen dengan barang-barang baru yang sebanding dengan lemari kayu tetapi lebih terjangkau oleh masyarakat umum. Oleh karena itu, furniture papan partikel diproduksi. Sayangnya, lemari partikel board berjamur menjadi risiko.

Apa itu papan partikel? Papan partikel adalah papan buatan yang terdiri dari serbuk partikel kayu yang telah dicetak dan disatukan dengan lem tertentu.

Anda dapat membeli lemari dengan harga yang lebih rendah karena kemajuan ini. Telah ditunjukkan bahwa lemari papan partikel lebih murah daripada lemari kayu. Penampilan lemari ini pun tidak kalah menarik.

Ya, Anda harus merawatnya dengan baik agar tidak berjamur. Lemari partikel board berjamur dapat merusak pakaian dan barang Anda lainnya.

Jamur tumbuh paling sering ketika udara lembab atau ketika suhu berfluktuasi dengan cepat. Lemari yang terbuat dari papan partikel, yang terbuat dari serbuk gergaji atau serpihan kayu, rentan terhadap jamur karena kerentanannya terhadap air dan kelembaban udara.

Selain itu, karena papan partikel biasanya hanya dilapisi dengan veneer atau kertas laminasi dekoratif selama proses finishing, jamur dapat dengan cepat tumbuh di lemari yang terbuat dari bahan ini, yang bisa sangat tidak nyaman jika jamur tumbuh dalam jumlah tinggi.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mencegah lemari partikel board berjamur;

1.     Hindarkan Dari Air

Tempatkan lemari Anda di area yang tidak mungkin terkena air sebagai tindakan pencegahan. Untuk menghindari serbuk gergaji dan pertumbuhan jamur, bersihkan dengan handuk kering dan keringkan di bawah sinar matahari langsung jika tidak sengaja terkena air.

2.     Letakkan di Tempat yang Kering

Alasan utama lemari papan partikel Anda berjamur adalah Anda meletakkannya di tempat yang salah. Kemungkinan besar, Anda menempatkan kabinet di area dengan kelembaban yang berlebihan.

Sumber kelembaban ini bisa dari dinding, lantai, atau bahkan kondisi ruangan secara keseluruhan, yang sangat lembab karena kurangnya ventilasi udara yang baik. Akibatnya, Anda harus segera memindahkan lemari ke tempat yang kering.

Perhatikan juga aliran udara alami di ruangan tempat lemari diletakkan. Pastikan bahwa ruangan menerima ventilasi silang yang memadai. Dan untuk menghindari udara lembab di antara dinding dan lemari, hindari menempatkan lemari yang menempel langsung ke dinding.

3.     Lap dengan Alkohol

Lemari partikel board berjamur tidak boleh diabaikan. Anda harus menyingkirkan jamur sehingga mati dari akar ke atas dan bahkan tidak bertahan hidup. Cat, semir, minyak, atau minyak kayu tidak boleh digunakan karena akan merusak kabinet. Jadi, apa solusinya?

Sebaiknya Anda menggunakan alkohol cair dengan konsentrasi alkohol minimal 90%. Dengan menggunakan kapas bersih, oleskan larutan alkohol secara merata ke seluruh permukaan kabinet papan partikel. Agar jamur tidak tumbuh lagi, ulangi perawatan alkohol setiap 6 bulan.

4.     Gunakan Bahan Penyerap Kelembaban

Selain menggunakan alkohol cair, Anda dapat menjaga agar lemari papan partikel tidak tumbuh lagi dengan memastikan bagian dalam lemari tidak terlalu lembab. Sangat penting untuk mencegah kelembaban menetes ke pakaian Anda.

Pertahankan lingkungan kering di lemari setiap saat. Kuncinya adalah menggunakan bahan yang mampu menyerap kelembaban. Kamper, silika gel, bubuk kayu, arang, dan zat serupa lainnya adalah beberapa contoh yang dapat Anda gunakan.

Selalu lebih baik untuk mencegah lemari partikel board berjamur daripada mengatasinya. Pastikan Anda mengambil tindakan di atas yang diperlukan untuk mencegah pembentukan jamur di rumah dan lemari Anda. Apakah Anda membutuhkan tips untuk merawat furniture lainnya? Atau Anda ingin mencari inspirasi desain interior yang modern? Kunjungi Super Furniture sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published.