bahan furniture

Furniture merupakan salah satu elemen penting yang akan Anda butuhkan untuk mengisi rumah Anda. Sebelum membeli sebuah furniture, Anda perlu tahu berbagai jenis bahan furniture beserta keunggulan dan kelemahannya.

Berikut ini adalah jenis-jenis bahan furniture yang bisa Anda pilih sebagai bahan dasar untuk pembuatan furniture yang Anda inginkan:

Kayu Solid atau Kayu Utuh

Kayu solid atau kayu utuh merupakan salah satu bahan furniture yang terkuat. Namun, karena bahan kayu ini tidak seimbang dengan kebutuhan masyarakat, menyebabkan bahan kayu solid ini terbatas dan harganya jauh lebih mahal dibandingkan kayu olahan.

Jenis kayu yang biasanya banyak digunakan untuk furniture adalah kayu jati. Kayu jati ini harganya sangat mahal, sehingga lebih sering digunakan untuk furniture ekspor atau furniture kelas atas.

Harga  kayu solid dihitung berdasarkan kubikasi/volume (m3), yaitu berdasarkan hitungan perkalian panjang, lebar, dan tebal kayu. Banyak orang beranggapan kayu solid dapat bertahan lama dan materialnya yang padat mudah diberi detail tambahan untuk hiasan. Namun, kayu solid pun bisa rentan terhadap rayap jika tidak dirawat dengan baik, sehingga kayu jati pun bisa keropos.

Kayu Lapis (Plywood)

Kayu lapis atau plywood merupakan kayu olahan pabrik yang terbuat dari lapisan-lapisan kayu yang ditumpuk. Lapisan-lapisan kayu ini kemudian direkatkan dengan sudut urat yang diselaraskan untuk menghasilkan produk yang kuat.

Supaya kayu lapis ini tidak melengkung, biasanya disusun dalam jumlah ganjil, jika disusun dalam jumlah genap diyakini akan menciptakan papan yang mudah terdistorsi sehingga tidak stabil. Kayu lapis atau plywood ini terdiri dari 3 lapis yang biasa disebut tripleks atau three-ply, 5 lapis atau five-ply, 7 lapis atau seven-ply, dan 9 lapis atau nine-ply, susunan 5 lapis ke atas disebut multipleks atau multiply.

Kayu lapis atau plywood ini merupakan bahan umum yang sering digunakan dalam pembuatan furniture, karena kualitasnya lebih baik dibanding kayu olahan lain, harga plywood ini lebih mahal dibanding kayu olahan lain.

Blockboard

Blockboard dibuat dari kumpulan potongan kayu kecil yang dipadatkan dengan mesin dan diberi lapisan venner di kedua sisinya, dan dibentuk menyerupai papan. Ketebelan blockboard adalah 12 mm, 15 mm, dan 18 mm. Jenis blackboard yang cukup dikenal adalah teakblock atau blockteak. Teakblock ini mirip blockboard namun memiliki tambahan satu lapisan lagi di bagian atas berupa lapisan venner kayu jati.

Medium Density Fibreboard (MDF)

Medium Density Fibreboard atau MDF ini terbuat dari serbuk halus dan bahan kimia resin yang direkatkan dan dipadatkan. Bahan kayu yang dipakai biasanya diambil dari kayu sisa perkebunan atau bambu. MDF ini lebih ramah lingkungan, dan bentuknya berupa papan atau lembaran. Harga MDF ini sedikit lebih murah dibanding plywood.

Partikel Board

Bahan furniture lainnya adalah partikel board. Partikel board ini terbuat dari partikel sisa pekerjaan kayu seperti serbuk gergaji, potongan kayu kecil, serpihan kayu, dan bahan kimia resin yang direkatkan dengan tekanan yang tinggi, kemudian dikeringkan. Proses pembuatan partikel board ini mirip dengan MDF, hanya saja bahan MDF lebih halus dan seragam, sedangkan partikel board lebih kasar dan tidak beraturan.

Partikel board sangat rentan terhadap air, karena bahan baku ini terbuat dari serpihan kayu dan mempunyai pori-pori yang cukup besar sehingga mudah menyerap air. Partikel board ini juga cenderung tidak mampu menopang muatan dengan beban yang cukup berat. Partikel board ini harganya lebih murah dibandingkan bahan furniture lain.

Anda bisa menentukan bahan furniture yang Anda inginkan untuk mengisi rumah Anda sesuai dengan budget dan desain yang sudah Anda rancang. Anda bisa memercayakan furniture pilihan Anda tersebut kepada Super Furniture. Anda bisa melihat-lihat produk Super Furniture lainnya melalui Instagram Super Furniture.

Leave a Reply

Your email address will not be published.