particle-board-terkena-rayap

Punya ketakutan terhadap furniture berbahan particle board terkena rayap? Nah, sebagai salah satu bahan furniture yang mudah dijumpai dan menjadi primadona banyak orang, bahan particle board cukup umum untuk digunakan pada beragam jenis furniture. Layaknya pada plafon rumah, pelengkap area seni musik dan teater, pengaplikasian terhadap meja, lemari, dan masih banyak lagi.

Memiliki struktur yang ringan namun kokoh, bahan particle board juga dikenal terjangkau dan mampu menghadirkan tampilan menarik dan elegan.

Nah, dari seluruh keunggulan yang dimiliki oleh particle board, ada salah satu faktor yang dapat mengancam kekokohan atau keunggulan yang dimiliki bahan pembuatan furniture yang satu ini. Diantaranya, tidak lain dan tidak bukan, ancaman tersebut adalah serangan rayap. Oleh karenanya, kekhawatiran terhadap produk particle board terkena rayap memang seringkali timbul terhadap berbagai furniture berbahan kayu.

Nah, rayap sendiri merupakan hewan kecil bertubuh lunak yang membutuhkan berbagai furniture berbahan kayu layaknya lemari, meja, bangku, dan lain sebagainya, sebagai tempat melangsungkan kehidupan. Tentunya, sebagai bahan yang masuk dalam kategori kayu, keberadaan rayap juga mengancam optimalisasi peranan furniture berbahan particle board. 

Lantas, untuk menghindari particle board terkena rayap apa saja langkah antisipatif yang perlu Anda lakukan? Berikut ini adalah berbagai tips cara mencegah kehadiran rayap, yang dibentuk sebagai langkah antisipatif menghindari serangan rayap.

Mencegah Kelembaban

Tips pertama yang dapat Anda terapkan adalah mencegah terjadinya kelembaban. Nah, untuk menghindari particle board terkena rayap, pencegahan ini penting dilakukan karena kadar air dapat mendatangkan sejumlah rayap. Lantas, bagaimana pencegahan kelembaban tersebut dapat dilakukan?

Antara lain, berbagai langkah seperti menghindari penggunaan air atau larutan pembersih pada furniture berbahan kayu, menjemur furniture sesudah maupun sebelum musim hujan, serta membersihkan kotoran pada furniture dengan kain atau kemoceng, dapat menjadi ;langkah tepat yang dapat Anda terapkan dalam mencegah kelembaban.

Melapisi Furniture dengan Cat Anti Rayap

Berikutnya tips menghindari particle board terkena rayap adalah dengan melakukan pelapisan atau pengecatan furniture menggunakan cat anti rayap. Antara lain pelapisan cat anti rayap ini dapat diterapkan secara rutin dan berkala, sebagai perwujudan dari perawatan rutin terhadap furniture berbahan particle board.

Diantaranya, Anda dapat melakukan peninjauan terhadap minyak sebagai bahan dasar pernis yang mampu berperan sebagai lapisan proteksi atau pelindung. Adanya pelapisan yang glossy, dapat menghadirkan perlindungan furniture yang kokoh dan awet dari serangan sejumlah rayap.

Mengoleskan Minyak

Selain melapisi cat anti rayap, perlindungan particle board terkena serangan rayap juga dapat dibentuk dengan pengolesan atau pelapisan minyak. Antara lain, beragam varian minyak yang dapat diterapkan pada furniture untuk mencegah rayap ini adalah minyak zaitun, vetiver, jeruk, dan lain sebagainya.

Lakukanlah pengolesan furniture dengan minyak yang sebelumnya telah dicampur dengan cuka. Dimana cuka sendiri juga memiliki peran dalam mengusir rayap.

Nah, tips mencegah serangan rayap di atas sangat membantu Anda bukan? Maka dari itu, jika Anda tertarik, maka artikel ini menjadi sumber informasi tepat yang Anda jumpai. Antara lain, Anda dapat meninjau seluruh informasi mengenai furniture bergaya minimalis disini. Dan berbagai produk furniture minimalis pun dapat Anda jumpai di online shop berikut ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.