Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian mebel dan furniture adalah sama, yaitu perabot yang diperlukan, berguna, atau disukai, seperti barang atau benda yang dapat dipindah-pindah, digunakan untuk melengkapi rumah, kantor, dan sebagainya.

Dalam buku lain, disebutkan bahwa mebel atau furniture merupakan suatu perlengkapan rumah yang mencakup semua barang seperti kursi, meja, dan lemari.

Pengertian mebel dan furniture

Mebel berasal dari kata movable, yang berarti bisa bergerak. Karena pada zaman dahulu, meja, kursi, dan lemari relatif mudah dipindah atau digerakkan. Sedangkan, furniture berasal dari bahasa Prancis yaitu fourniture (1520-1530 Masehi). Fourniture berasal dari kata fournir yang berarti furnish atau perabot rumah atau ruangan. Meskipun mebel dan furniture memiliki asal kata dan arti yang berbeda, namun yang dimaksud adalah benda yang sama, yaitu meja, kursi, lemari, dan sebagainya.

Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai pengertian mebel dan furniture:

Fungsi Mebel dan Furniture

Mebel semakin terasa fungsinya jika digunakan sebagai pengisi rumah yang dapat membantu pekerjaan rumah dan istirahat Anda supaya lebih nyaman. Seperti meja laptop, sofa atau kursi yang nyaman untuk rebahan. Dengan adanya mebel, rumah akan terlihat lebih rapi.

Mebel bukan hanya memiliki fungsi untuk kenyaman dan kerapian dalam sebuah rumah. Mebel juga berfungsi untuk mengusung makna sosial yang menegaskan status sosial seseorang. Bagi kebanyakan orang, kursi hanya untuk tempat duduk yang nyaman dan untuk melepas penat. Namun, ada beberapa kalangan yang menjadikan sebuah kursi sebagai sebuah penegas dalam kekuasaan, oleh karena itu kursi tersebut didesain dengan hiasan dan ornamen yang mahal.

Pengertian mebel dan furniture tidak lepas dari fungsinya. Salah satunya adalah kursi sebagai penanda kekuasaan telah diterapkan sejak zaman kerajaan. Di mana kursi raja disebut sebagai takhta. Takhta melambangkan kekuasaan, sehingga kemudian dikenal istilah ‘berebut kursi’ yang bermakna ‘berebut kekuasaan’. Oleh karena itu, sampai saat ini kursi masih dijadikan sebagai sarana penyampaian status ekonomi seorang individu. Jika seseorang memiliki kursi mewah di rumahnya, maka dia akan dianggap sebagai orang yang kaya.

Mebel minimalis sebenarnya juga bisa terlihat mewah jika terbuat dari bahan yang mahal, seperti kayu jati. Mebel yang terbuat dari bahan kayu jati yang kokoh sudah menandakan bahwa pemiliki mebel atau furniture tersebut adalah orang kaya.

Asal Mula Mebel di Asia

Mebel di Asia berbeda dengan mebel dari negara Barat. Mebel Asia mengembangkan gaya yang berbeda, namun juga sedikit dipengaruhi oleh gaya barat. Indonesia sendiri mempunyai gaya mebel yang unik dengan aneka hiasan ukir yang beragam.

Asal Mula Furniture

Furniture pada awalnya ditemukan pada abad ke-8 SM di Phrigian, Bukit Midas, Gordion, Turki. Potongan furniture yang ditemukan adalah meja dan tatahan yang berdiri. Terdapat juga furniture peninggalan yang masih bertahan dari Siriah abad ke 9-8 SM dari Istana Nimrud.

Furniture lama yang juga ditemukan kembali berasal dari Mesir Kuno. Peninggalan tersebut kira-kira berasal dari milenium ke-3 SM berupa tempat tidur di Tarkhan. Selain itu, ditemukan pula tempat tidur dan kursi berlapis emas dari makan Ratu Hetepheres, dan furniture lainnya.

Desain furniture yang sudah mengalami kemajuan atau sedikit modernisasi ditemukan di Yunani Kuno pada milenium ke-2 SM, termasuk tempat tidur dan kursi klismos. Desain mebel juga terdapat pada gambar vas Yunani masa itu. Pada tahun 1738 dan 1748, program penggalian Herculaneum dan Pompeii menemukan furniture Romawi, yang terawetkan melalui letusan Vesuvius 79 AD.

Itulah tadi pengertian mebel dan furniture beserta perbedaan dan persamaannya yang bisa Anda pahami. Jika Anda sedang mencari furniture untuk mengisi rumah, Anda bisa langsung mengunjungi Super Furniture atau melihat produk-produk berkualitas dari Super Furniture di Instagram Super Furniture atau melalui website Super Furniture di superfurniture.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.