penyebab-furniture-rusak

Terdapat beragam alasan yang melatarbelakangi penyebab furniture rusak, karena selayaknya tubuh manusia, furniture pun juga memiliki peluang untuk mengalami kecacatan atau kerusakan.

Sebagai pemilik hunian, tentunya Anda menginginkan segala furniture yang dimiliki senantiasa kokoh, awet, dn dapat terus mengoptimalkan peranannya. Nah, untuk memperoleh ketahanan furniture yang kokoh dan kuat tersebut, melakukan perawatan atau pemeliharaan penting dilakukan sejak dini.

Tidak hanya dapat memperindah tampilan furniture atau membuatnya menjadi lebih bersih dan tertata. Perawatan ini juga perlu dilakukan untuk menghindari penyebab furniture rusak dan membuatnya menjadi lebih tahan lama alias awet.

Lantas, apa saja macam-macam kerusakan yang dialami oleh furniture beserta penyebabnya? Dan apa saja langkah pencegahan yang dapat dilakukan dengan relevan dan tepat? Berikut ini adalah pembahasannya.

Macam-macam Kerusakan yang Dialami Furniture

Anda tentu memiliki berbagai furniture yang berasal dari bahan variatif, seperti misalnya meja, sofa, lemari, rak, dan lain sebagainya. Tentunya, setiap furniture yang Anda miliki mempunyai spesifikasi bahan yang berbeda bukan? Entah, lemari yang berasal dari bahan particle board atau meja yang dibuat menggunakan besi.

Baik furniture berbahan kayu, rotan, besi, plastik, dan lain sebagainya. Pasti berpeluang mengalami kerusakan dengan penyebab furniture rusak yang beragam. Diantaranya, kerusakan yang dialami oleh furniture berbahan kayu biasanya adalah retakan, pelapukan, timbulnya penyok, dan lain sebagainya.

Sementara itu, kerusakan umum yang dijumpai pada bahan rotan pun juga serupa. Namun tidak dengan furniture berbahan besi, resiko kerusakan yang paling umum dijumpai pada furniture ini ialah karat. Dimana karat sendiri pada akhirnya dapat melemahkan kekokohan furniture itu sendiri.

Penyebab Furniture Rusak

Sebelumnya, kita telah meninjau berbagai kerusakan yang umumnya terjadi pada beragam furniture. Layaknya pelapukan, retakan, timbulnya penyok, hingga kemunculan karat. Dari berbagai kerusakan yang berpeluang dialami oleh setiap furniture, tentunya terdapat faktor yang melatarbelakangi kerusakan ini, atau yang dapat pula disebut sebagai penyebab furniture rusak.

Nyatanya, dari beragam kerusakan yang dialami oleh furniture tersebut, terdapat pula beragam penyebab furniture rusak yang melatarbelakangi peristiwa tersebut. Seperti halnya faktor lingkungan atau kondisi hunian, dimana hunian tersebut memiliki ventilasi ruangan yang buruk dan seringkali mengalami kebocoran saat musim penghujan tiba.

Tentunya, hal ini dapat menyebabkan timbulnya pelapukan yang berasal dari serangan rayap. Antara lain, ruangan yang cenderung lembab dan memiliki kadar air tinggi umum digemari oleh sang rayap.

Tidak sampai disitu, penyebab furniture rusak dengan timbulnya retakan, goresan, dan penyok ini juga dilatarbelakangi dengan timbulnya benturan, getaran, atau goresan yang cukup keras. Maka dari itu, memberlakukan perawatan furniture amat penting dilakukan dengan tepat.

Mencegah Kerusakan Furniture

Terdapat berbagai langkah yang dapat Anda bentuk untuk menghindari kerusakan pada furniture. Seperti halnya memberikan ventilasi ruangan yang baik, menghindari timbulnya kelembaban, meletakkan furniture dengan baik dan tertata, membersihkan furniture sesuai dengan prosedur, dan menghindari peletakan furniture pada berbagai tempat yang berbahaya.

Nah, itulah berbagai tips rawat furniture yang dapat Anda terapkan. Bagaimana, apakah Anda tertarik? Maka dari itu, jika Anda tertarik, maka artikel ini menjadi sumber informasi tepat yang Anda jumpai. Antara lain, Anda dapat meninjau seluruh informasi mengenai furniture bergaya minimalis disini. Dan berbagai produk furniture minimalis pun dapat Anda jumpai di online shop berikut ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.