warna-ruangan-dan-furniture

Berdasarkan penelitian, penggunaan warna tertentu dapat memengaruhi mood seseorang. Suasana sebuah rumah yang menggunakan warna tertentu juga dapat memengaruhi mood penghuni rumah. Perlu Anda ketahui, menyelaraskan warna ruangan di rumah Anda dengan furniture yang mengisi ruangan tersebut bisa menciptakan mood yang lebih baik lagi, dan tentu saja ruangan akan terlihat lebih cantik.

Warna merupakan impresi yang dihasilkan oleh bias cahaya yang direfleksikan dan diserap oleh retina, tergantung pada panjang gelombang bias cahaya tersebut. Warna juga bisa diartikan sebagai karakter istimewa yang dimiliki oleh suatu benda, atau kualitas khusus yang menunjukkan keistimewaan.

Definisi warna tersebut merupakan sebuah penegasan tentang pentingnya warna dalam kehidupan, baik dalam hal fisik maupun psikologis.

Warna ruangan tidak hanya berfokus pada warna dinding saja. Pemilihan kombinasi warna pada dinding, langit-langit, lantai, bahkan pada pintu dan jendela juga perlu diperhatikan. Memadukan komposisi warna yang tepat pada seluruh ruangan dapat mendatangkan suasana berbeda dan menghasilkan efek visual yang menakjubkan.

Jika Anda merasa bingung dalam memadukan konsep ruangan atau warna ruangan dengan warna furniture, berikut ini sekilas penjelasan mengenai perpaduan warna yang cocok berdasarkan konsep interior ruangan Anda.

Ruangan dengan Konsep Klasik

Jika Anda menyukai ruangan dengan konsep klasik, warna yang cocok digunakan adalah putih, krem, silver, dan abu-abu. Konsep klasik biasanya identik dengan penggunaan furniture kayu, namun furniture kayu pun cocok dengan konsep modern maupun etnik.

Anda juga bisa menggunakan furniture berbahan stainless steel untuk ruangan berkonsep klasik. Furniture stainless steel ini biasa digunakan pada dapur, yaitu untuk meja dapur, kompor, rak gantung, dan lain sebagainya. Jika Anda menggunakan furniture stainless steel, warna ruangan yang tepat untuk memadukannya adalah warna putih atau abu-abu, untuk menghasilkan kesan dingin dan bersih.

Jika Anda memilih perabotan berwarna putih, jangan gunakan cat ruangan yang bernuansa putih. Karena nantinya akan membuat ruangan terlihat monoton dan membosankan. Anda bisa memadukan furniture berwarna putih dengan cat ruangan berwarna krem atau abu-abu.

Ruangan dengan Konsep Modern

Ruangan dengan konsep modern lebih bebas mengeksplor warna cat yang diinginkan. Warna yang bisa dipilih untuk konsep modern ini adalah biru, hijau, orange, ungu, maupun merah. Warna-warna cerah yang digunakan untuk ruangan akan lebih menceriakan suasana dan meningkatkan mood Anda.

Anda bisa memilih perpaduan warna dengan rona yang sama untuk ruangan maupun furniture rumah Anda. Warna yang berasal dari rona yang sama tapi memiliki tone yang berbeda bisa jadi pilihan yang pas. Misalnya perpaduan biru muda atau biru pastel dengan biru tua atau navy, atau perpaduan antara ungu tua dengan warna nila yang lembut, akan menjadi perpaduan warna yang menarik.

Ruangan dengan Konsep Etnik

Ruangan yang menggunakan konsep etnik lebih banyak menggunakan furniture kayu untuk memperkuat suasana etnik dalam ruangan tersebut. Anda bisa menggunakan perpaduan warna cokelat tua, abu-abu, atau kuning gading, warna tersebut cocok dengan aksen furniture kayu yang berwarna gelap.

Furniture kayu yang berwarna cokelat dikombinasikan dengan warna dinding kuning gading akan menciptakan kesan etnik yang indah dan hangat. Jika Anda menggunakan furniture kayu yang berwarna gelap, warna abu-abu pada dinding dan langit-langit akan menjadi perpaduan yang sangat cocok. Anda bisa memilih furniture-furniture indah dari Super Furniture di sini.

Anda bisa memercayakan furniture pilihan Anda tersebut kepada Super Furniture. Anda bisa melihat-lihat produk Super Furniture lainnya melalui Instagram Super Furniture.

Leave a Reply

Your email address will not be published.